Headlines News :
Home » » PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SD NEGERI DANASARI 01

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SD NEGERI DANASARI 01

Written By Admin on Saturday, 20 April 2013 | 11:07





PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(PTK)


Perbaikan Pembelajarn melalui PTK pada mata pelajaran
Matematika


Masalah :
‘Kendala Kurang Minatnya Belajar Siswa
Pada Mata pelajaran Matematika dikelas IV
SD Negeri Danasari 01 Semester I Tahun Pelajaran 2007/2008”














Disusun oleh:
NARISMO, S.Pd.
NIP. 130489658




SD NEGERI DANASARI 01
UPTD P DAN K KECAMATAN BOJONG
KABUPATEN TEGAL


KERANGKA PROPOSAL


1.    Judul Penelitian                                        : Kendala Kurang Minatnya Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran Matematika Dikelas IV SD Negeri Danasari 01 Semester I Tahun Pelajaran 2007/2008

2.    Bidang Ilmu                                             : Pendidikan

3.    Kategori Penelitian                                  : -

4.    Peneliti                                                     :
       * Nama                                                     : NARISMO, S.Pd.
       * Gol/Pangkat/NIP                                  : IVa/Pembina/130489658
       * Jabatan Fungsional                                : Guru Sekolah Dasar
       * Jurusan                                                  : -
       * Institusi                                                 : SD Negeri Danasari 01 UPTD P DAN K
                                                                          Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal

5.    Susunan Tim Peneliti                               : -

6.    Lokasi Penelitian                                      : SD Negeri Danasari 01

7.    Lama Penelitian                                       : 6 bulan

8.    Biaya Penelitian                                       : -

9.    Sumber Dana                                           : -

Danasari,     Juli 2007





    Kepala SD Negeri Danasari 01                                                         Peneliti




             NARISMO, S.Pd.                                                         NARISMO, S.Pd.
               NIP. 130489658                                                            NIP. 130489658


HALAMAN PENGESAHAN





1
Judul                                      :
Kendala Kurang Minatnya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri Danasari 01 Semester I tahun pelajaran 2007/2008





2
Peneliti/Penulis                     :  
NARISMO, S.Pd.





3.
Lokasi Penelitian/Penulisan  :
SD Negeri Danasari 01
Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal



4.
Lama Penelitian/Penulisan    :
6 bulan


Danasari,        Juli 2007






    Kepala SD Negeri Danasari 01                                               Peneliti




             NARISMO, S.Pd.                                                NARISMO, S.Pd.
               NIP. 130489658                                                   NIP. 130489658


KENDALA KURANG MINATNYA BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV
SD NEGERI DANASARI 01 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2007/2008


I.          Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari peranan Matematika tidak dapat dipungkiri lagi ada beberapa peranan yang dapat disumbangkan oleh kegiatan mata pelajaran Matematika/berhitung antara lain : kegiatan ini dapat membantu memecahkan masalah dan dapat memperkuat suatu keyakinan, sebagai suatu pelatihan, memberi pengalaman estetis, meningkatkan prestasi, memperluas pengetahuan dan ketrampilan
Kegiatan ini tidak timbul secara alami tetapi ada faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor yang berasal dari dalam antara lain : tuntutan kebutuhan sehari-hari misalnya dalam transaksi jual-beli, sedangkan faktor yang berasal dari luar misalnya tuntutan diri seseorang yang ingin lebih maju dalam persaingan antar sesama dan tentunya lebih banyak lagi contoh-contoh yang lain.
            Pelajaran Matematika di SD merupakan dasar atau landasan untuk pendidikan yang lebih tinggi. Seandainya dasar tersebut kurang kuat, niscaya pengaruhnya cukup besar dan sangat terasa, baik bagi siswa sendiri atau juga oleh para guru.
            Pelajaran Matematika di SD ada beberapa macam, antara lain : mengalikan, menjumlahkan, membagi, mengurangkan atau dalam bahasa jawanya disingkat PINGPOROLANSUDO. Dari bermacam-macam operasi hitungan tersebut siswa akan mahir dalam mengerjakan soal-soal berhitung/Matematika.
            Di samping hal-hal tersebut juga tak kalah pentingnya peran serta orang tua dalam ikut memacu anak-anaknya untuk dapat menghitung dengan teliti dan cermat.
            Dari latar belakang tersebut penulis mengambil judul dalam karya tulis ini adalah
“ Kendala kurang minatnya belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri Danasari 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2007/2008 “

II.        Identifikasi Masalah.
            Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
A.        Kurangnya sarana belajar Matematika
B.        Proses Kegiatan Belajar Mengajar Matematika
C.        Peran serta orang tua dalam mendorong siswa untuk belajar Matematika.



III.       Pembatasan Masalah
            Pada penelitian ini masalah yang dibahas dibatasi pada kendala kurang minatnya belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri Danasari 01 semester I tahun pelajaran 2007/2008

IV.       Perumusan Masalah
            Masalah yang akan disampaikan disini ialah mengapa siswa kelas IV pada semester I kurang berminat terhadap mata pelajaran Matematika.

V.        Tujuan penelitian
            Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas IV SD dalam berhitung, mengingat masih banyak siswa kelas IV SD di SD Negeri Danasari 01 yang kurang minat terhadap mata pelajaran Matematika.

VI.       Landasan Teori
            Siswa mampu mengerjakan soal-soal Matematika dengan kemampuan sendiri (KTSP SD Negeri Danasari 01 tahun 2006)

VII.     Metode Penelitian
1.         Populasi dan sampel
2.         Metode
            a.         Observasi
            b.         Dokumentasi
            c.         Ceramah
            d.         Pemberian Tugas
            e.         Latihan
3.         Analisis

VIII.    Kegunaan Hasil Penelitian
            Hasil penelitian akan bernilai guna bagi kepentingan pihak-pihak yang terkait dalam rangka peningkatan mutu pendidikan :
1.          Untuk Guru       :  hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan guna                                      
                                            memperbaiki kegiatan belajar mengajar
2.          Untuk sekolah   : hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam rangka perbaikan kegiatan belajar mengajar


IX.       Jadwal Pelaksanaan.

No
URAIAN KEGIATAN
MINGGU KE
BULAN KE
1
Observasi
I
I
2
Penyusunan Proposal
II
I
3
Kelengkapan Alat
I
II
4
Study Pustaka
II
II
5
Pengumpulan data
I
III
6
Analisis data
II
III
7
Diskusi
I
IV
8
Penyempurnaan data
II
IV
9
Penyusunan laporan
I
V
10
Pencetakan laporan
II
V
11
Penyerahan hasil penelitian
I
VI

X.        Daftar Pustaka

1.         Dr. I.G.A.K. Wardani, Drs Kuswaya Wihardit, M.Ed, Drs Noehi Nasoetion, MA, 2002, Penerbitan Tindakan Kelas, Jakarta ; Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
2.         Dr. Suciati, 2003, Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta ; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
3.         Prof. Dr. Abin Syamsudin, MA, Nanda Budiman, S.Pd, 2003,
Profesi Keguruan 2, Jakarta ; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
4.         Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc. dkk, 2003, Pembelajaran Matematika SD,
 Jakarta ; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
5.         Prof. Dr. Asmawi Zainal, M.Ed, Drs. Ayu Mulyono, M.Hum, 2003,
Tes dan Asesmen Di SD, Jakarta ; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.



Share this post :

+ komentar + 1 komentar

24 January 2015 at 02:00

ibu/bapak guru sedang memerlukan RPP K13 KTSP SD dan PTK SD superlengkapKLICK DISINI atau BBM 7f5d505e

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SD NEGERI DANASARI 01 KEC. BOJONG KAB. TEGAL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger