PROPOSAL
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
(PTK)
Perbaikan Pembelajarn
melalui PTK pada mata pelajaran
Matematika
Masalah :
‘Kendala Kurang Minatnya Belajar Siswa
Pada Mata pelajaran Matematika dikelas IV
SD Negeri Danasari 01 Semester I Tahun
Pelajaran 2007/2008”
Disusun
oleh:
NARISMO,
S.Pd.
NIP.
130489658
SD NEGERI
DANASARI 01
UPTD P DAN K
KECAMATAN BOJONG
KABUPATEN TEGAL
KERANGKA
PROPOSAL
1. Judul Penelitian : Kendala Kurang Minatnya
Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran
Matematika Dikelas IV SD Negeri Danasari 01 Semester I Tahun Pelajaran
2007/2008
2. Bidang Ilmu :
Pendidikan
3. Kategori Penelitian : -
4. Peneliti :
* Nama :
NARISMO, S.Pd.
* Gol/Pangkat/NIP : IVa/Pembina/130489658
* Jabatan Fungsional : Guru Sekolah
Dasar
* Jurusan : -
* Institusi : SD Negeri Danasari
01 UPTD P DAN K
Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal
5. Susunan Tim Peneliti : -
6. Lokasi Penelitian : SD Negeri Danasari 01
7. Lama Penelitian : 6 bulan
8. Biaya Penelitian : -
9. Sumber Dana :
-
Danasari, Juli 2007
Kepala SD
Negeri Danasari 01 Peneliti
NARISMO, S.Pd. NARISMO, S.Pd.
NIP. 130489658 NIP. 130489658
HALAMAN
PENGESAHAN
1
|
Judul :
|
Kendala Kurang
Minatnya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri
Danasari 01 Semester I tahun pelajaran 2007/2008
|
2
|
Peneliti/Penulis :
|
NARISMO, S.Pd.
|
3.
|
Lokasi
Penelitian/Penulisan :
|
SD Negeri
Danasari 01
Kecamatan
Bojong Kabupaten Tegal
|
4.
|
Lama
Penelitian/Penulisan :
|
6 bulan
|
Danasari, Juli 2007
Kepala SD
Negeri Danasari 01 Peneliti
NARISMO, S.Pd. NARISMO, S.Pd.
NIP. 130489658 NIP. 130489658
KENDALA KURANG MINATNYA BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV
SD NEGERI DANASARI 01 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2007/2008
I. Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari peranan Matematika tidak
dapat dipungkiri lagi ada beberapa peranan yang dapat disumbangkan oleh
kegiatan mata pelajaran Matematika/berhitung antara lain : kegiatan ini dapat
membantu memecahkan masalah dan dapat memperkuat suatu keyakinan, sebagai suatu
pelatihan, memberi pengalaman estetis, meningkatkan prestasi, memperluas
pengetahuan dan ketrampilan
Kegiatan ini tidak timbul secara alami tetapi ada faktor
yang berasal dari dalam maupun dari luar. Faktor yang berasal dari dalam antara
lain : tuntutan kebutuhan sehari-hari misalnya dalam transaksi jual-beli,
sedangkan faktor yang berasal dari luar misalnya tuntutan diri seseorang yang
ingin lebih maju dalam persaingan antar sesama dan tentunya lebih banyak lagi
contoh-contoh yang lain.
Pelajaran
Matematika di SD merupakan dasar atau landasan untuk pendidikan yang lebih
tinggi. Seandainya dasar tersebut kurang kuat, niscaya pengaruhnya cukup besar
dan sangat terasa, baik bagi siswa sendiri atau juga oleh para guru.
Pelajaran
Matematika di SD ada beberapa macam, antara lain : mengalikan, menjumlahkan, membagi,
mengurangkan atau dalam bahasa jawanya disingkat PINGPOROLANSUDO. Dari
bermacam-macam operasi hitungan tersebut siswa akan mahir dalam mengerjakan
soal-soal berhitung/Matematika.
Di samping hal-hal
tersebut juga tak kalah pentingnya peran serta orang tua dalam ikut memacu
anak-anaknya untuk dapat menghitung dengan teliti dan cermat.
Dari latar belakang
tersebut penulis mengambil judul dalam karya tulis ini adalah
“ Kendala kurang minatnya
belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri
Danasari 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2007/2008 “
II. Identifikasi Masalah.
Berdasarkan latar
belakang tersebut maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut :
A. Kurangnya sarana
belajar Matematika
B. Proses Kegiatan
Belajar Mengajar Matematika
C. Peran serta orang tua
dalam mendorong siswa untuk belajar Matematika.
III. Pembatasan Masalah
Pada penelitian ini
masalah yang dibahas dibatasi pada kendala kurang minatnya belajar siswa pada
mata pelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri Danasari 01 semester I tahun
pelajaran 2007/2008
IV. Perumusan Masalah
Masalah yang akan
disampaikan disini ialah mengapa siswa kelas IV pada semester I kurang berminat
terhadap mata pelajaran Matematika.
V. Tujuan penelitian
Untuk mengetahui
sejauh mana kemampuan siswa kelas IV SD dalam berhitung, mengingat masih banyak
siswa kelas IV SD di SD Negeri Danasari 01 yang kurang minat terhadap mata
pelajaran Matematika.
VI. Landasan Teori
Siswa mampu
mengerjakan soal-soal Matematika dengan kemampuan sendiri (KTSP SD Negeri
Danasari 01 tahun 2006)
VII. Metode Penelitian
1. Populasi dan sampel
2. Metode
a. Observasi
b. Dokumentasi
c. Ceramah
d. Pemberian Tugas
e. Latihan
3. Analisis
VIII. Kegunaan Hasil Penelitian
Hasil penelitian
akan bernilai guna bagi kepentingan pihak-pihak yang terkait dalam rangka
peningkatan mutu pendidikan :
1. Untuk
Guru : hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai
acuan guna
memperbaiki
kegiatan belajar mengajar
2. Untuk
sekolah : hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai masukan dalam rangka perbaikan kegiatan belajar mengajar
IX. Jadwal Pelaksanaan.
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
MINGGU KE
|
BULAN KE
|
1
|
Observasi
|
I
|
I
|
2
|
Penyusunan Proposal
|
II
|
I
|
3
|
Kelengkapan Alat
|
I
|
II
|
4
|
Study Pustaka
|
II
|
II
|
5
|
Pengumpulan data
|
I
|
III
|
6
|
Analisis data
|
II
|
III
|
7
|
Diskusi
|
I
|
IV
|
8
|
Penyempurnaan data
|
II
|
IV
|
9
|
Penyusunan laporan
|
I
|
V
|
10
|
Pencetakan laporan
|
II
|
V
|
11
|
Penyerahan hasil penelitian
|
I
|
VI
|
X. Daftar Pustaka
1. Dr.
I.G.A.K. Wardani, Drs Kuswaya Wihardit, M.Ed, Drs Noehi Nasoetion, MA, 2002, Penerbitan Tindakan Kelas, Jakarta ;
Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
2. Dr.
Suciati, 2003, Belajar dan Pembelajaran
2, Jakarta
; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
3. Prof.
Dr. Abin
Syamsudin, MA, Nanda Budiman, S.Pd, 2003,
Profesi Keguruan
2, Jakarta
; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
4. Drs.
Gatot Muhsetyo, M.Sc. dkk, 2003, Pembelajaran
Matematika SD,
Jakarta ; Pusat Penerbitan Universitas
Terbuka.
5. Prof. Dr. Asmawi Zainal, M.Ed, Drs. Ayu Mulyono, M.Hum, 2003,
Tes dan Asesmen
Di SD, Jakarta
; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
+ komentar + 1 komentar
ibu/bapak guru sedang memerlukan RPP K13 KTSP SD dan PTK SD superlengkapKLICK DISINI atau BBM 7f5d505e
Post a Comment